Vegerativa

Resep Sambal Ulek Sayap Gluten

1
Resep Sambal Ulek Sayap Gluten - Arti gluten yang ada pada judul ini artinya adalah daging buatan. Gluten sudah sangat terketal dikalangan vegetarian sebagai makanan pengganti daging. Gluten itu sendiri adalah daging buatan yang dibuat menyerupai daging. Gluten memiliki nama lain yaitu seitan.

Dengan mencampurkan daging gluten pada bagian sayab dengan sambal ulek, rasanya akan menjadi menu yang sungguh menggiurkan bagi siapa saja yang melihatnya. Apalagi jika kamu penyuka makanan pedas. Dijamin pasti kamu tidak akan menyesal ketika menikmati makanan jenis ini. Kalau kamu penasaran, kamu bisa membuatnya di rumah.

Cara membuat Resep Sambal Ulek Sayap Gluten sebenarnya tidak terlalu susah. Yang pasti, kamu akan merasa puas dengan hasil masakanmu karena Resep Sambal Ulek Sayap Gluten ini sangat lezat. Sebaiknya, sajikan Resep Sambal Ulek Sayap Gluten dalam keadaan panas atau langsung disantap begitu selesai dimasak.

Cara Membuat Sayap Gluten/Seitan Sambal Ulek



Resep Sambal Ulek Sayap Gluten


Bahan-bahan Yang Dibutuhkan:


Bahan-Bahan Sayap Gluten/Seitan:

  • 1 sendok kecap dengan sodium rendah
  • 1 cangkir gandum gluten
  • 2 ½ cangkir tepung, ditambah lagi sedikit untuk penyempurnaan hasil akhir
  • 1 ¼ sendok teh bubuk bawang putih
  • 1 ¼ sendok teh bubuk bawang merah
  • ¼ sendok teh bumbu ayam
  • ⅛ sendok teh lada hitam yang telah digiling
  • 1 sendok teh sambal ulek
  • 1 sendok minyak nabati
  •  4 ¾ cangkir kaldu sayuran yang mengandung sodium rendah

Bahan-Bahan Sambal Ulek:

  • ⅓ cangkir sambal ulek¼ cangkir mentega atau margarin
  • 1 sendok teh cuka

Cara Membuat Sambal Ulek Sayap Gluten:

  1. Untuk membuat sayapnya, campurkan 3/4 cangkir kaldu dan kecap dalam mangkuk kecil.
  2. Dalam mangkuk lain, campurkan tepung gluten, 2 sendok tepung, 1/4 sendok teh bubuk bawang putih, 1/4 sendok teh bubuk bawang merah, 1/4 sendok teh bumbu ayam, dan merica secukupnya. Aduk hingga adonan tersebut merata dan lembut. Pindah ke permukaan meja yang sebelumnya telah ditaburi tepung. Beri tepus pada atasnya. Bentuk menjadi persegi panjang dengan ukuran 9x4 inci. Potong persegi panjang setengah memanjang, lalu potong masing-masing bagian melintang menjadi 12 strip pendek.
  3. Masukkan sisa 4 cangkir kaldu, 1 sendok teh bubuk bawang putih, 1 sendok teh bubuk bawang merah, dan sambal ulek ke panci dan tarus ke atas kompor dengan api sedang. Tambahkan potongan gluten/seitan, tutup, dan didihkan. Kurangi panas api menjadi antara sedang dan rendah, dan didihkan selama 30 menit. Setelah itu, tiriskan potongan gluten/seitan, biarkan dingin dulu. (Kamu bisa membuang atau menyimpan kaldunya untuk penggunaan lain)
  4. Untuk membuat saus kamu cukup membawa semua bahan untuk didihkan dalam panci kecil. setelah masak, angkat dari api.
  5. Campurkan 1 sendok teh saus dengan minyak sayur dalam mangkuk sedang. Tambahkan potongan gluten/seitan dan aduk untuk melapisi. Taburi dengan sisa 1/2 cangkir tepung, dan aduk sampai semua baguan merata.
  6. Panaskan oven. Taruh potongan gluten/seitan pada loyang. Panggang selama 6 sampai 8 menit, atau sampai berwarna kecoklatan dan tampak renyah.
  7. Letakkan potongan gluten/seitan yang masih panas untuk mangkuk dan aduk dengan saus.

Demikianlah artikel yang berjudul Resep Sambal Ulek Sayap Gluten. Terima kasih telah meluangkan waktu Anda untuk membaca Resep Sambal Ulek Sayap Gluten. Semoga Resep Sambal Ulek Sayap Gluten menjadi bermanfaat bagi Anda semua. Dan bagikanlah Resep Sambal Ulek Sayap Gluten kepada orang lain agar Resep Sambal Ulek Sayap Gluten lebih bermanfaat bagi Anda semua.

1 komentar: Leave Your Comments